KEAJAIBAN OTAK MANUSIA: Tadabur Ayat Kauniyah

 

ALHAMDULILLAH, Ahad (28/1) depan Majlis Dhuha (MD) akan hadir kembali menyapa para jamaah di Jember dan sekitarnya. Di bulan ini, manajemen MD akan mengangkat tema kajian yang amat menarik. Yakni, Keajaiban Otak Manusia Menurut Alquran.

Manajemen MD sengaja mengangkat tema kajian ayat kauniyah, yaitu ayat-ayat Allah dalam wujud penciptaan. Bila mengaji Alquran adalah mengaji ayat kauliyah, maka kali ini jamaah akan diajak mengaji ayat kauniyah. “Dengan mentadaburi ayat kauniyah ini, semoga keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah semakin bagus. Yang akan ditadaburi di MD kali ini adalah otak manusia,” kata Hari Setiawan, S.Sos, direktur Majlis Dhuha.

Menurut dia, di Alquran banyak ayat yang bersinggungan dengan organ otak. Misalnya, ayat yang berbunyi afala ya’qilun, afala yatadabbaruun, afala yatafakkaruun. “Itu semua aktivitas yang melibatkan otak. Termasuk, amalan yang pahalanya amat besar. Yakni, menghafal Alquran,” terangnya.

Bahkan, dalam setiap ibadah, otak pasti terlibat. Otaklah yang mengirim informasi kepada indra tubuh yang lain untuk bergerak. “Misalnya, ketika mendengar azan. Suara azan ditangkap telinga, lalu informasi itu diteruskan ke otak. Otak lalu meneruskan informasi melalui saraf yang berisi perintah ke hati: berangkat masjid. Lalu, otak melalui saraf memerintahkan kaki: berangkat wudu, jalan ke masjid. Coba, adakah aktivitas ibadah yang tidak melibatkan otak?” ujar Hari, menerangkan pentingnya mentadaburi kedahsyatan otak manusia.

Untuk menjelaskan relevasi wahyu dengan ilmu medis-empirik, Hari mengatakan, manajemen MD sengaja mengundang pakarnya. Yaitu, dr HM Dwi Koryanto, Sp.BS, dokter spesialis bedah saraf RS Darmo Surabaya. Selain itu, dr Dwi sekarang diamanahi sebagai Ketua Perhimpunan Bedah Saraf Jawa Timur dan Ketua Pembina Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Jawa Timur. “Karena itu, narasumber MD kali ini sangat kompeten. Silakan ajak kerabat dan tetangga serta teman untuk hadir,” ajaknya. (*)

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *